Selasa, 18 September 2018

4 Penyebab Klaten Menjadi Pusat Konveksi Murah di Indonesia?

Tags

Klaten merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang berada diantara dua kota besar yaitu Jogja dan Solo, posisi yang strategis ini menjadikan Klaten mempunyai banyak keuntungan salah satunya dalam dunia konveksi atau industri pakaian jadi yang mana Klaten banyak dikenal sebagai pusat konveksi murah di Indonesia.

Mengapa Kota Klaten Dikenal Sebagai Pusat Konveksi Murah di Indonesia?

Beradasarkan pengamatan penulis ada beberapa hal yang menjadikan Klaten sebagai tempat konveksi murah, misalnya;





  1. Pertama, Klaten terdapat industri-industri garment produk-produk ekspor yang mengambil tenaga kerjanya dari penduduk lokal, penduduk lokal yang bekerja pada perusahaan garment mendapatkan pelatihan dan skill produksi misalnya menjahit. Perusahaan-perusahaan garment tersebut adakalanya melakukan regenerasi tenaga kerja yang kemudian tenaga kerja yang sudah tidak bekerja diperusahaan tersebut membuka usaha sendiri di rumah seperti misalnya jasa jahit atau konveksi dan sablon.

    Keahlian dan pengetahuan yang didapatkan dari pabrik menjadikan masyarakat dapat bekerja secara mandiri di rumah mereka dengan menerapkan ilmu yang sudah didapatkannya sehingga produk-produk yang dihasilkannya pun mempunyai kualitas yang baik pula. Diperkirakan ada ratusan usaha jahit di Klaten dengan produk-produk yang beragam seperti kaos, baju, batik, tas, dan sebagainya.
     
  2. Kedua, Biaya hidup di Klaten masih tergolong murah, dengan uang Rp.3000,- sudah bisa untuk beli sarapan pagi (di tahun 2018 ini lho...). UMR (Upah Minimum Regional) di Klaten juga lebih kecil dari kota-kota besar, hal ini menjadikan biaya tenaga kerja di Klaten masih tergolong murah sehingga akan berdampak pada murahnya harga barang-barang hasil produksi salah satunya produk hasil konveksi.
     
  3. Ketiga, Bahan baku konveksi untuk produksi mudah didapatkan dan dengan harga murah. Di Klaten akan mudah ditemui toko-toko alat dan bahan baku konveksi seperti toko kain, toko benang, toko alat-alat jahit, toko alat & bahan sablon dan sebagainya. Hal ini disebabkan kebutuhan yang tinggi dari masyarakat dan dekatnya Klaten dengan kota Solo yang banyak terdapat pabrik kain.
     
  4. Keempat, Sebagai kota yang berada di antara Solo dan Jogja menjadikan Klaten cukup baik dalam menghasilkan produk-produk fashion, Jogja dan Solo sebagai kota besar yang maju akan fashionnya dapat menjadikan pedoman akan kualitas dan kebutuhan pasar. Dengan beberapa faktor di atas digabungkan yang menjadikan kota-kota besar "melarikan" produksinya ke Klaten. 

Demikian 4 Penyebab Klaten Menjadi Pusat Konveksi Murah di Indonesia yang dapat kami sampaikan, tentunya masih banyak faktor-faktor yang mempengaruhi murahnya harga. Dan tidak menutup kemungkinan ada konveksi di kota lain yang mempunyai harga lebih murah yang pastinya ada alasan-alasan yang melatarbelakanginya. 

Semoga sedikit tulisan ini dapat menjadikan manfaat bagi pembacanya, Aaminn...  

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon